Sat, 20-04-2024      09APR     OFF      OFF
USD:  Rp.16195   

Satan Shoes Ditarik Dari Peredaran

Beberapa waktu lalu Nike memenangkan gugatan atas MSCHF terkait perilisan Satan Shoes  yang juga melibatkan Lil Nas X sebagai kolaborator. Buntut dari kasus tersebut, MSCHF harus menarik sepatu yang telah diproduksi.

Hasil kesepakatan antara Nike dan MSCHF mengharuskan brand yang berbasis di Brooklyn itu menghentikan distribusi 666 pasang Satan Shoes yang telah dipesan. Seperti dikutip dari Reuters, Nike menyatakan kalau MSCHF juga bersedia mengembalikan semua uang yang telah dibayarkan para pembeli.

Satan Shoes merupakan produk sneakers kolaborasi MSCHF dan Lil Nas X. Sneakers berwarna hitam-merah tersebut merupakan hasil modifikasi sepatu Nike Air Max 97.

Peluncuran sneakers ini menuai kontroversi karena memasukkan unsur-unsur satanist pada rancangannya. Sepatu dihiasi pentagram yang dikenal sebagai simbol pemujaan setan dan pada bagian sol diisi tinta merah yang dicampur dengan darah manusia.

Nike pun keberatan salah satu produk ikonik mereka dimodifikasi dan dijual secara komersil tanpa izin. Terlebih lagi logo 'swoosh' terpampang jelas pada bodi sepatu sehingga dikhawatirkan menimbulkan kebingungan di kalangan konsumen, apakah Nike benar berkolaborasi menciptakan Satan Shoes atau tidak.

Nike pun menegaskan kalau pihaknya tidak terlibat sama sekali dalam produksi Satan Shoes. Merasa dirugikan, mereka memutuskan melayangkan gugatan secara resmi.

Walaupun sepatu ini sudah ditarik dari peredaran, tetapi kemungkinan tidak akan ada customer yang mengajukan refund , karena untuk  collector sepatu, sepatu-sepatu yang limited edition dan kontroversial tentunya akan memiliki nilai lebih tinggi daripada harga belinya


Sumber : bbc, wolipop
Tags : #nike #satanshoes #sneakers #jastipusa